Peran Hospitality TV dalam Meningkatkan Digitalisasi Layanan Hotel
- Netstar
- 8 hours ago
- 2 min read
Pengalaman digital yang personal dan modern di hotel dapat memberikan pengalaman menginap yang nyaman untuk berbagai kalangan tamu. Sebagai antarmuka yang dapat diakses dengan mudah, hospitality TV memainkan peran penting dalam transformasi digital layanan hotel. Hospitality TV kini menjadi media interaktif yang mampu memperkaya pengalaman tamu sekaligus mendukung efisiensi operasional hotel.
Apa saja yang menjadi peran nyata dari hospitality TV ini dalam proses digitalisasi hotel? Simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Hospitality TV Memberikan Pengalaman Personal bagi Tamu
Hospitality TV memungkinkan hotel untuk memberikan tampilan konten yang sudah disesuaikan dengan profil tamu. Mulai dari sambutan khusus saat tamu memasuki kamar, hingga rekomendasi acara dan layanan berdasarkan preferensi mereka. Hal ini akan membangun kesan eksklusif pada layanan hotel.
Tamu dapat langsung melihat nama mereka di layar TV, menerima ucapan selamat datang, hingga informasi kamar atau jadwal hotel tanpa perlu bertanya ke resepsionis.
Menyediakan Informasi Layanan Secara Interaktif
Melalui hospitality TV, tamu hotel bisa mengakses berbagai layanan secara mandiri. Misalnya, mereka bisa memesan makanan melalui room service, menjadwalkan layanan laundry, memesan spa, hingga melihat jadwal acara atau fasilitas hotel lainnya.
Berkat fitur ini interaksi tamu tidak lagi terbatas pada telepon atau bertemu dengan staf. Segala proses jadi lebih cepat, praktis, dan profesional. Dari sisi operasional, hospitality TV juga dapat mengurangi bebas staf dan meningkatkan efisiensi layanan.
Media Promosi Internal Hotel
Hospitality TV juga dapat berfungsi sebagai media promosi internal. Hotel dapat menampilkan paket promo, layanan tambahan, atau acara khusus secara langsung ke layar tamu. Hal ini membuka peluang manajemen untuk melakukan up-selling karena informasi terjadi secara real-time di hadapan tamu.
Selanjutnya 5 Fungsi Wifi dalam Kehidupan Sehari-hari
Hospitality TV Terintegrasi dengan Sistem Hotel Modern
Beberapa model hospitality TV kini sudah terintegrasi dengan sistem manajemen properti hotel. Hal ini akan membuat alur informasi lebih sinkron dan otomatis. Misalnya, TV per kamar tamu akan otomatis menyesuaikan informasi check-out atau bahasa antarmuka sesuai dengan data tamu (domestik/internasional).
Tak jarang pula ada hospitality TV yang dapat diakses menggunakan aplikasi mobile atau situs online. Hal ini akan memberikan tamu Anda kebebasan dalam menggunakan teknologi yang tersedia.
Meningkatkan Citra Digital Hotel
Dengan memanfaatkan hospitality TV, pihak hotel secara tidak langsung menunjukkan citra modern, profesional, dan peduli terhadap kebutuhan digital tamu. Kepedulian terhadap detail ini dapat meningkatkan daya tarik hotel, terutama bagi generasi muda dan wisatawan bisnis yang sudah terbiasa hidup dengan teknologi.

Digitalisasi layanan hotel tidak melulu harus rumit atau mahal. Gunakanlah hospitality TV untuk menciptakan pengalaman tamu yang lebih personal, praktis, dan modern. Teknologi ini juga dapat memberikan manfaat bagi operasional hotel–mulai dari efisiensi staf hingga peluang promosi tambahan yang lebih terjangkau dan praktis.
Rasakan sendiri manfaat hospitality TV dalam hotel Anda bersama FIVTOSTAR! Layanan antarmuka TV hotel yang cepat, mudah digunakan, dan terjangkau. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dari website Netstar (www.netstar.id).
Comments