top of page
Search

IP Telephony vs Telepon Kabel: Kelebihan dan Kekurangan

  • Writer: Netstar
    Netstar
  • Sep 17, 2024
  • 2 min read

Updated: Oct 29

IP telephony dan telepon kabel merupakan dua perangkat komunikasi suara yang masih dapat dijumpai di rumah, hotel, maupun kantor. Komunikasi suara yang dahulu terbatas pada lokasi tertentu saja kini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja selama mereka terhubung dengan jaringan internet. Kemiripan antara kedua jenis komunikasi suara ini membuat banyak orang sulit membedakan keduanya. 

Memilih di antara keduanya sangat krusial, terutama bagi bisnis yang membutuhkan efisiensi dan skalabilitas. Perbedaan mendasar pada teknologi, biaya operasional, dan fitur tambahan modern harus menjadi pertimbangan utama Anda sebelum mengambil keputusan. Melalui artikel ini, kami akan membahas perbedaan, kelebihan IP Telephony serta kekurangannya dibandingkan dengan telepon kabel.


Seorang laki-laki menerima telepon dari klien melalui layanan IP telephony

IP Telephony

Sesuai dengan namanya, IP telephony merupakan teknologi komunikasi suara yang menggunakan protokol internet untuk membuat panggilan. Teknologi ini memiliki fitur yang sedikit berbeda dari telepon kabel pada umumnya. Anda dapat mengirim dan menerima faks, SMS, chat, web browsing, streaming video, bahkan video conferencing menggunakan teknologi ini. 

Karena menggunakan transmisi data untuk mengirim dan menerima pesan, maka IP telephony dianggap lebih terjangkau daripada telepon kabel tradisional yang membutuhkan infrastruktur dan perangkat keras khusus. Layanan telepon ini juga dapat diakses menggunakan aplikasi telekomunikasi dan telekonferensi pada ponsel pintar Anda. Dilansir dari Forbes, berikut perbandingan kelebihan IP Telephony dan kekurangannya.


Kelebihan IP Telephony

Kekurangan IP Telephony

  • Penghematan biaya karena tidak perlu membeli tambahan perangkat.

  • Lebih praktis dan mudah diakses dari mana saja. 

  • Memiliki jaringan keamanan yang lebih kuat daripada telepon kabel biasa. 

  • Memiliki serangkaian fitur yang lebih beragam dari telepon kabel biasa, seperti SMS, chatting, video call, dan sebagainya. 

  • Pemadaman listrik dapat menghambat kinerja 

  • IP telephony memerlukan koneksi internet yang stabil dam lancar. 

  • Masalah latensi dan gangguan jaringan dapat mengganggu kualitas panggilan. 


Telepon Kabel (Landline)

Sementara itu, telepon kabel tradisional merupakan bentuk komunikasi suara yang membutuhkan infrastruktur dan layanan komunikasi terpusat sebagai penyedia layanan. Tipe layanan ini masih mengandalkan saluran telepon analog yang mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik yang dikirim lewat kabel tembaga. Meski mulai jarang digunakan, sistem telekomunikasi ini masih dapat ditemukan pada gedung pemerintah, perusahaan, hotel, rumah sakit, dan sekolah. Kembali dilansir dari Forbes, berikut perbandingan kelebihan telepoin kabel (landline) dan kekurangannya:


Kelebihan Telepon Kabel

Kekurangan Telepon Kabel

  • Tidak bergantung pada kualitas jaringan internet untuk menghubungkan satu pengguna dengan yang lainnya. 

  • Mudah untuk digunakan oleh segala usia. 

  • Memiliki kualitas suara yang konsisten.

  • Dapat diandalkan pada situasi darurat.

  • Membutuhkan instalasi perangkat keras secara fisik. 

  • Biaya instalasi dan perawatan yang tinggi.

  • Rawan terkena panggilan spam. 

  • Tertanam pada satu tempat saja, kurang praktis untuk dibawa ke berbagai tempat. 

Tangan seseorang yang mengangkat gagang telepon

Dengan poin-poin di atas, pasti Anda sudah membayangkan kelebihan IP Telephony yang bisa Anda rasakan jika menggunakan layanan ini. Di sisi lain, keduanya telepon ini memiliki kekurangannya masing-masing. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan tipe layanan telekomunikasi yang tersedia di area Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan IP telephony pada rumah, hotel, maupun bisnis Anda, hubungi tim Netstar atau mengunjungi www.netstar.id dan konsultasikanlah kebutuhan Anda dengan kami.


Comments


Let us help!

We'd love to hear from you. Whether you have questions, feedback, or need support, our team is here to help.

Choose your needs
Area
logo netstar white

NETSTAR has complete and fully integrated technology and media services

Head Office

Prosperity Tower 51 Floor District 8 SCBD Senayan, Jakarta 12190 INDONESIA

Office Hour

Mon - Fri: 8.00 AM - 5.00 PM WIB

Information

Office Phone:
+62 21 3973 3737

HelpDesk 24 Hours:
+62 21 3970 4141

Whatsapp Chat:

+62 857 1040 6527

Navigation

Follow us on

  • Instagram Netstar
  • Facebook Netstar
  • X Netstar
  • Linkedin Netstar
  • Tiktok Netstar
  • Whatsapp Netstar

Copyright © 2024 Netstar. All Rights Reserved.

bottom of page