Kenalan dengan FIVTOSTAR: Hospitality TV dan Personalisasi Kebutuhan Tamu
- Netstar

- Oct 14, 2024
- 3 min read
Updated: Oct 21
Personalisasi telah menjadi salah satu cara banyak penyedia jasa dan barang untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Personalisasi dapat membuat tamu merasa disambut oleh hotel dan membangun kesan bahwa hotel mereka menginap memiliki layanan yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan, misalnya, memberikan password wi-fi sesuai nama mereka, memberikan sambutan kartu khusus, atau mini bar dengan tambahan makanan ringan untuk anak-anak Anda.
Hidup di era digital telah membukakan pintu untuk lebih banyak personalisasi kebutuhan tamu selama menginap di hotel. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan hospitality TV, sebuah teknologi antarmuka televisi yang mempermudah tamu Anda untuk menikmati fasilitas hotel dengan baik. Simak artikel di bawah ini untuk kenal lebih lanjut dengan teknologi ini.

jofreepik / Freepik
Apa Itu Hospitality TV?
Hospitality TV adalah sistem antarmuka televisi cerdas yang dirancang khusus untuk industri perhotelan, berfungsi sebagai pusat komunikasi dan layanan terpadu di dalam kamar tamu. Konsep ini hadir karena saat pertama kali memasuki kamar, hal pertama yang dilakukan tamu adalah menelusuri seluruh fasilitas, termasuk program dan fitur yang terdapat di televisi.
Mungkin Anda bertanya, hospitality TV vs normal tv, apa bedanya? TV hotel ini sendiri merupakan antarmuka (interface) televisi yang dapat mempermudah sistem pelayanan tamu dari dalam kamar. Anda dapat menyesuaikan konten yang terdapat dalam antarmuka tersebut dengan kebutuhan hotel Anda. Rekomendasi kuliner atau tempat wisata yang berada di sekitar area hotel, poster promosi fasilitas hotel, bahkan pemesanan layanan kamar dapat dilakukan dengan menggunakan televisi.
Lebih lanjut, tv perhotelan ini dapat menjadi instrumen strategis yang menunjukkan dedikasi hotel untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Dengan memanfaatkan antarmuka ini, para tamu hotel dapat dengan mudah memperoleh makanan yang mereka inginkan atau sebotol sabun tambahan hanya dengan mengisi pesanan pada TV di kamar mereka.
Manfaat Hospitality TV
Lebih dari sekadar perangkat hiburan di kamar, Hospitality TV adalah instrumen digital strategis yang merevolusi cara hotel berinteraksi dengan tamu. Teknologi ini berfungsi sebagai pusat komunikasi yang efisien, memungkinkan personalisasi layanan sejak tamu check-in hingga check-out. Dengan mengalihkan banyak permintaan rutin dari front desk ke antarmuka TV yang intuitif, hotel dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional sekaligus membuka peluang pendapatan tambahan melalui up-selling layanan internal. Berikut manfaat dari layanan TV hotel:
Peningkatan Kualitas Layanan: Menunjukkan dedikasi hotel untuk memberikan pelayanan premium dan modern.
Akses Informasi Mudah: Menyediakan rekomendasi kuliner, tempat wisata, dan panduan area sekitar.
Promosi Efektif: Menampilkan poster promosi fasilitas hotel (spa, restoran, dll.) langsung di TV kamar.
Kemudahan Pemesanan: Memungkinkan tamu memesan layanan kamar (room service), permintaan tambahan (sabun, handuk), atau layanan lainnya hanya melalui televisi.
Antarmuka yang Disesuaikan: Konten dan interface TV dapat disesuaikan sepenuhnya dengan branding dan kebutuhan spesifik hotel.

markosubotin / Freepik
Baca juga Begini Caranya Cek Koneksi Internet Anda
FIVTOSTAR: Produk Hospitality TV Netstar
Sebagai bentuk diversifikasi layanan TV kabel dan internet hotel, Netstar menghadirkan produk hospitality TV yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem yang sudah Anda miliki. FIVTOSTAR menghadirkan tampilan antarmuka yang dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan hotel Anda.
Sistem ini mengubah berbagai layanan hotel seperti pemesanan makanan dan layanan kamar menjadi versi digital yang lebih inklusif dan mudah untuk digunakan. FIVTOSTAR memanfaatkan OS Android untuk menjalankan sistem manajemen konten berbasis cloud yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan promosi hotel Anda. Transaksi yang dilakukan melalui hospitality TV akan secara otomatis ditambahkan ke dalam tagihan pelanggan Anda di akhir masa menginap.
Jika Anda berminat untuk meningkatkan kualitas pelayanan hotel Anda sekaligus memperluas jenis layanan yang hendak ditawarkan, antarmuka hospitality TV bisa menjadi pilihan yang ideal. Tak hanya mempermudah tamu Anda untuk mendapatkan layanan hotel, sistem ini juga dapat mempromosikan fasilitas hotel Anda sekaligus memberikan pendapatan tambahan bagi hotel Anda melalui penayangan iklan pada sistem antarmuka.
Informasi lebih lanjut mengenai FIVTOSTAR, layanan antaramuka pada TV hotel milik Netstar, maupun produk internet dan TV kabel untuk hotel, hubungi Netstar (www.netstar.id).



Comments